Selasa, 07 Juni 2016

Smell Of The Wet Land After The Rain

Suasana setelah hujan adalah suasana yang paling nyaman, paling tenang. Aroma khas setelah hujan selalu menawarkan kerinduan, ketika kemarau yang menggersang menanti datangnya hujan. Parfum termahal pun belum mampu memberikan dampak yang sama seperti aroma setelah hujan. Aroma khas hujan selalu membawa tiupan wewangian khas yang tidak ada yang mampu menandinginya. Semesta mempunyai cara untuk mendamaikan dunia.

Suasana setelah hujan menjadi hal yang paling menarik untuk diamati. Beberapa orang terlihat tergesa gesa dengan kendaraannya, begitu juga dengan pejalan kaki. Ada yang terburu buru karena dikejar waktu, ada yang berjalan hati hati menghindari genangan air. Ada yang berisik menari dan berlari, kaki kaki kecil bocah komplek sebelah yang telah basah bermain dengan resah, sembari membayangkan raut muka orang tuanya yang tengah marah.

Hujan terbiasa dengan sendu, terkesan tetesan air membawa pilu. Hujan tidak seperti itu, ia dengan tanpa paksaan turun membasahi bumi, tanpa perintah ia menggelapkan langit siang hari kemudian menyegarkan hasil terik matahari. Hanya saja waktu selalu menyalahkan hujan, hujan selalu menjadi kambing hitam, hujan tak pernah salah, kita saja yang selalu menyalah.

Kita terbiasa bosan dengan hujan, ketika musim penghujan yang selalu menawarkan tetesan air, entah itu rintik, entah itu deras, di setiap saat, di setiap waktu. Kita pun bisa merindukan hujan, ketika musim kemarau, terik yang tanpa segan menawarkan kegersangan. Terik yang membuat kita rindu akan datangnya hujan, dengan penuh tanya sampai kapan gersang ini terbasahkan.

Terasku basah, jalanan aspal depan rumahku pun basah. Hujan telah berlalu beberapa waktu yang lalu. Menyisakan hening yang sedari siang jalanan depan rumahku yang selalu lengang. Hanya aroma khas setelah hujan dan malam menemani rasa kantukku. Kopi yang sedari tadi terseduh pun kini menjadi dingin. Jika saja aroma khas itu mampu aku simpan dalam botol, aku akan menyimpannya dan ku bungkus rapi. Kemudian aku kirim kan ke alamat rumahmu, lewat pos kilat tentu. Agar kau tahu, aroma ini mampu menenangkanmu. Aroma yang mampu melepas rindu ketika kemarau menjumpaimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Am I Coward telah migrasi ke rumah baru, link di bawah ini akan mengantarkan anda ke rumah barunya   hudiyawan.id   Maaf ata...